musician tips

Apakah Gaya Hidup Kamu Menghalangi Impian Kreatifmu?

Sebagai musisi indie, kita tentunya sering mengalami kesulitan dalam hal Finansial.

Seorang teman pernah bercerita padaku, “to make a good band, you have to do a good financial!” yang artinya… untuk membuat band yang bagus, kamu perlu punya finansial yang bagus.

Bagi sebagian orang mungkin kurang setuju. Akan tetapi jika kita mau menilik ini lebih dalam, kamu akan menemukan kenapa quote diatas itu penting!

Pernah kah kamu dan anggota band kamu bingung bagaimana untuk mendapatkan “bayaran/fee” yang setimpal untuk karya kamu yang notabene belum begitu di kenal masyarakat? *lain soal dengan band-band papan atas yang sudah “good financial”. Lain pula dengan band yang sudah kontrak dengan label rekaman, atau band yang memiliki investor. Iya kan?!

Saya rasa ini sudah bukan hal yang tabu.

Tapi bagi kamu yang masih berusaha ke posisi aman “good financial”, artikel ini akan sangat cocok untuk kamu.

*Dikutip dari Matthew Mayer:

Matthew Mayer adalah seorang pianis solo, artis rekaman # 1 Billboard, blogger, podcaster, ayah, dan penasihat SDM profesional.

“Ya, itu sangat keren untuk mengatakan album terakhir saya “Beautiful You” mencapai # 1 di New Age Chart Billboard, tekan # 1 di Hot New Releases Amazon, dan # 1 di One World Music Radio Chart. Menyenangkan untuk mengatakan – # 1. Mengatakan semua ini datang dengan beberapa oooh dan ahhh … … tapi ketika menyangkut pengeluaran, inilah pengorbanan dan apa yang orang-orang TIDAK lihat yang membantu saya sampai di sana! Aku akan menunjukkan kepadamu kehidupanku yang super glamor … (buaian MTV di mana kamu??)”

Apakah kamu memiliki sumber uang tunai yang tidak ada habisnya untuk membiayai kegiatan music, Anda?

Tidak? Aku juga, kita sama dude!

Tetapi jika kamu merasa kamu harus mengkorek-korek saku itu untuk recording atau mengejar idealisme Anda, maka mari kita lakukan “Spring Cleaning” pada gaya hidup kita. Dan coba buktikan apakah kita mendapatkan perubahan sedikit-demi-sedikit dengan gaya baru kita?

Sudah waktunya untuk memperhatikan BATAS PENGELUARAN itu. Jangan BOROS!

Mari jujur. Kita semua memiliki tagihan, dan kita bekerja keras untuk mendapatkan gaya hidup tertentu. Bagaimanapun, izinkan saya menjelaskan – apa yang kamu lakukan dengan uang kamu adalah bisnis Anda. kamu mendapatkannya, belanjakan sesuka Anda!

Namun, jika alasan kamu tidak dapat mendanai proyek kreatif berikutnya adalah karena kamu tidak punya uang …. maka mungkin inilah saatnya untuk melihat garis pengeluaran itu – kita mungkin menemukan lebih banyak pilihan daripada yang kita pikirkan. 

Simple nya… ini yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pengeluaran kamu.

Kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang (menambah pendapatan), atau menghabiskan lebih sedikit uang (mengurangi pengeluaran). Iya kan?!

Dan melihat kedua opsi itu, pengeluaran kamu adalah “hal termudah untuk dikendalikan.”

Coba pikir…

Kita mungkin memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa satu-satunya cara menghasilkan uang adalah dengan meningkatkan pendapatan kita. Tetapi, tergantung pada keadaan Anda, itu bukanlah sesuatu yang mungkin dapat kamu lakukan pada kemauan. Padahal, sebenarnya, ada cara lain untuk menghasilkan uang, dan itu adalah terus mencoba menurunkan pengeluaran Anda.

Dan kita pasti ingin (dan butuh) uang tunai untuk mendanai semangat bermusik kita. Betul?!

Kata Matthew Mayer: “Tidak, saya tidak meminta kamu untuk melepaskan triple shot latte di tempat kopi favorit kamu ….. relax!”

(Ahem … Aku hanya ingin kamu relakan mobilmu …. UhukUhuk.)

Ketika saya menulis ini hari ini, saya benar-benar baru saja memperdagangkan Model Honda Accord 2000 saya beberapa minggu yang lalu. Ya, saya mengendarai kendaraan 19 tahun yang masih memiliki pemutar kaset sebenarnya, dan mencapai lebih dari 226.000 mil di atasnya. Saya mengendarai mobil ini selama 14 tahun! Saya ulangi lagi, saya mengendarai mobil itu selama 14 tahun. Kapan terakhir kali kamu mengenal seseorang yang mengendarai mobil selama 14 tahun? …… Saya MENYUKAI mobil itu. Bukan hanya karena itu sangat dapat diandalkan dan membuat saya bekerja 9-5 (lihat posting saya di SINI). Tetapi ketika saya menghitung dan memikirkan penghematan yang saya miliki selama bertahun-tahun, mobil ini sendiri pada dasarnya telah mendanai banyak sesi rekaman, tur, dan proyek saya.

Dengan jumlah itu saja aku bisa melakukan SEMUA hal di bawah ini termasuk ….

Beli domain dan host situs web … DAN …

Lakukan beberapa iklan pemasaran media sosial utama … DAN …

Mengatur beberapa pertunjukan bepergian… DAN….

Mendaftarlah ke salah satu kursus Cheryl Englehardt di kursus Kunci Sukses….

Beli tiket Konferensi Musisi DIY untuk Austin!

Nah, itu tadi sepenggal kisah dari Matthew Mayer. Gilaaa ya?!

Tapi, lakukan riset terlebih dulu dalam case kamu. Dari pengalaman Matthew Mayer diatas, pada intinya Matthew Mayer rela berhemat untuk memutuskan memakai cara untuk promosi KARYA MUSIK nya melalui DIGITAL STRATEGI yang tepat.

Nah, sekarang tinggal darimana kamu mau memulai?!

OwTune menyediakan alternative untuk tidak sekedar rilis digital, akan tetapi dengan memulai rumpun digital untuk karya kamu dengan strategi digital marketing for musician yang kami punya.

Salam Musik Indie!

Leave a Reply